Selasa, 09 Februari 2010

I N T I M A C Y





Hari-hari ini gw lagi diperhadapkan dengan situasi sulit dimana gw harus bisa memilih diantara 2 hal yang masing-masing penting banget. Kadang gw bingung kenapa bisa sering banget ngalamin hal yang kayak gini, disaat semuanya udah gw plan banget tiba-tiba aja muncul 1 hal yang memungkinkan gw untuk berpikir ulang apakah gw harus ngelakuin hal yang tadinya gw mau lakukan atau gw ngelakuin hal yang lain yang menurut gw penting juga dilakukan tapi dalam konteks yang berbeda. Keadaan dimana sebenernya gw berat banget mutusin mau milih yang ini apa yang itu, mau kesini apa kesitu, mau ngerjain yang ini apa yang itu karena menurut gw dua-duanya penting banget dan sebenernya kalo memungkinkan gw pengen ngelakuin dua-duanya. Tapi sayangnya gw harus milih salah satu dan itu seringkali buat gw jadi dilema. Gw yakin kita semua pasti pernah ngalamin hal yang seperti ini, bingung dalam mengambil keputusan penting. Takut salah dalam mengambil keputusan.



Awalnya gw kesel banget kalo udah dihadapkan dengan situasi yang seperti ini, karena mau gak mau kita harus punya waktu cukup banyak untuk buat pertimbangan dari hal-hal tersebut masing-masing. Baik buruknya, untung ruginya kalo kita mau milih hal ini atau hal yang itu. Kita gak bisa asal milih karena masing-masing punya konsekwensinya, dan yang paling gak enaknya itu kita harus ngorbanin gak milih atau gak ngelakuin sesuatu hal lainnya itu yang kita anggap juga penting. Rasanya gimana gitu, gregetan deh…hehehe…
Seiring berjalannya waktu gw pun mengerti kenapa Tuhan ngizinin gw ngalamin hal seperti ini. Dia cuma punya 1 kerinduan, pengen anak-anaknya hidup lebih INTIM dengan Dia. Mungkin lo pada belum begitu jelas atau ngerti dengan maksud gw ini, hubungannya dengan topik gw diatas. Tapi gw akan coba ngejelasin sedetail mungkin.



Semakin hari gw semakin mengerti kalo Tuhan itu maunya kita hidup intim banget dengan Dia. Hidup seturut kehendaknya. Kalo kita mau hidup sesuai kehendaknya otomatis kita harus tau dulu kehendak Tuhan itu apa dan gimana caranya kita mau tau kehendak Tuhan itu ya kita harus tanya Tuhan maunya Dia atas hidup kita itu apa. Hubungannya dengan topik diatas, Tuhan sengaja banget menempatkan gw dalam posisi yang ngebuat gw bingung dan dilemma dalam menentukan pilihan, sampe gw sendiri kadang gak berani ngambil keputusan, itu semua gak lain supaya gw selalu tanya maunya Tuhan apa, gw harus milih yang mana? Gw harus tanya Tuhan dulu, bukan dengan pemikiran gw sendiri karena seringkali gw ngambil keputusan sendiri sesuka hati gw tanpa bener-bener nanya maunya Tuhan itu apa. Jadi dia buat gw gak berkutik sama sekali dengan menempatkan gw dalam situasi sperti yang diatas tadi. Dia juga gak langsung jawab doa gw, banyak banget prosesnya sampe gw bener-bener yakin maunya Tuhan itu gimana. Itu semua Ia lakukan supaya gw bisa belajar mengandalkan Dia, bukan mengandalkan diri gw sendiri, pengertian gw sendiri. Menyerahkan hidup gw spenuhnya sama Dia. 



Dia gak sekedar pengen berhubungan biasa sama kita, dia pengen intim. Intim itu bener-bener dekat bukan hanya sekedarnya saja. Pujian, penyembahan, pembacaan firman itu hal yang kudu wajib kita lakukan setiap hari supaya kita bisa bertumbuh, mengenal dan berjalan bersama Tuhan menggenapi panggilan kita dan mengikuti kehendaknya. Kuncinya cuma 1, kita punya kerinduan. Rasa ‘haus dan lapar’ akan Dia maka Ia akan memenuhi kita, hati, tubuh, jiwa, roh dan pikiran kita. So, kita gak perlu bingung lagi menentukan pilihan kita karena semakin intim kita dengan Tuhan, semakin kita mengerti kehendakNya dalam hidup kita dan kita gak perlu lagi bingung dalam menentukan pilihan kita karena kita udah ‘sehati’ dengan Tuhan. 



Mungkin sebagian dari kita banyak yang bingung, gimana sih maksudnya mendengarkan suara Tuhan? Apa bener-bener denger suara nyata seperti suara manusia yang kedengaran gitu? Well, ada juga beberapa orang yang mengalami itu tapi gak melulu harus seperti itu kan? Our God is a creative God! Dia punya banyak cara untuk berbicara kepada kita misalnya dari Alkitab, sebenernya semua isi hatinya Tuhan itu ada di Alkitab istilahnya Alkitab itu udah harus jadi ‘manual book’ nya kita. Makanya kita tiap hari kudu baca firman Tuhan karena darisitulah berasal sumber mata air kehidupan, hikmat, kebijaksanaan dan nilai-nilai kehidupan. That’s why the Bible is the bestselling book in the world. Yang kedua, kita juga bisa dapet rhema baik melalui pembacaan firman Tuhan, kotbah-kotbah dan konfirmasi-konfirmasi dari orang-orang sekitar kita. Jadi jangan hanya terpatok bahwa suara Tuhan itu hanya berupa ‘the real voice of God that we can hear’. Tuhan juga bisa kok berbicara di dalam hati kita, that’s called suara hati. God talk in so many way. So…jangan batasin pikiran kita dengan hal yang benar-benar ‘nyata’ saja.



Mulai bulan ini, gw udah mulai start mau hidup intim dengan Tuhan. Gak ada ruginya bo…justru membuat hari-hari gw bakal lebih indah lagi. Walaupun kadang prosesnya gak enak, tapi gw percaya hasilnya ntar akan indah banget…hehehhe…Satu lagi, yang perlu banget diinget bahwa GOD NEVER LEAVE US! Gak pernah sekalipun…don’t ever think that you are alone.



So buat temen-temen yang sekarang lagi dilemma menentukan pilihannya…hmph…you should pray and ask God what should you do..what is the best for you!
walaupun prosesnya gak enak, walaupun doa kita gak langsung dijawab dan walaupun itu membutuhkan waktu yang cukup lama, karena keintiman ga bisa dibangun dengan waktu yang cepat…just stay in God way until you sure you find the willingness of God. Kadang kita harus mengorbankan sesuatu hal yang berharga untuk bisa mendapatkan hal lain yang jauh lebih berharga. Tetap setia dalam proses itu karena Tuhan emang lagi pengen kita tuh lebih dekat dengan Dia…INTIM!



Percaya deh segala sesuatunya pasti mendatangkan kebaikan, Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Dan kalo kita setia dan tetep intim sama Tuhan, gw yakin deh 100% pilihan kita gak akan salah karena we have the same thought with God. 
Next topic gw bakal ngejelasin gimana strateginya supaya kita bisa mengambil keputusan yang tepat, pada waktu yang tepat! Supaya kita gak bingung-bingung lagi dalam menentukan pilihan!!!



Be blessed people = )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar