Jumat, 27 September 2013

180 derajat!


Reading Time: 15-17 minute

Lebih kurang seminggu yang lalu (hari rabu), untuk kesekian kalinya gw bener-bener merasakan campur tangan Tuhan yang luar biasa di dalam hidup gw. Sebelumnya gw mau flashback ke kira2 1 bulan yang lalu, akhir bulan Agustus. Di post gw sebelumnya (“Source of Everything”) gw cerita mengenai ‘galauisasi’ yang gw alami. Nah passss, disitulah kejadiannya. Si suatu malam, kira-kira seminggu setelah gw kembali ke Jakarta dalam kegalauan dan kesendirian gw (derita abis ya haha), gw dan temen-temen gw lagi dinner. Trus tiba-tiba temen gw nanya, “Ada temen yang ngerti soal hukum gitu ga? Ada temen gw kantornya lagi butuh legal staff dan HRD gitu.” Awalnya temen gw ini nawarin ke temen gw yang satunya, tapi gw denger, kepo dan nanya. Ya maklum waktu itu gw masih di titik nol, ngga ada kerjaan juga. Haha. Ternyata lowongan kerja itu dari suatu Yayasan Kristen yang concern ke Pendidikan dan gw tau tentang yayasan tersebut.
Singkat cerita gw apply lah. Gw tau itu yayasan dan pasti salary-nya ngga gede, tapi ya gw lagi butuh duit dan belom ada kerjaselain itu visi-misi-nya kena banget di gw. Ya jadi intinya gw sekalian mau melayanilahhehehegw mengikuti proses recruitment nya dari mulai interview HRD, psikotest (7 jam man!), interview Office Manager, written test, sampai dengan interview User yang semuanya gw jalanin dengan penuh keyakinan dan sangat yakin. Pas interview Office Manager sebenernya gw udah ditawarin offering letter cuma gw nego gaji jadi ya pas di interview user (jumat lalu) baru bener-bener gw diterima dan si Ibu itu bilang ke gw “Thank you, Meryl. Nanti dikabarin ya kapan mulai kerja.” Wiihhh I was sooooo happy.  Karena akhirnya gw dapat pekerjaan yang gw suka, setelah prosesnya lebih kurang sebulan ini. I was so excited. Karena gw udah ngebayangin gw bakal banyak belajar dan bakal banyak banget yang bisa gw kerjakan. Apalagi gw bisa memajukan pendidikan di tanah batak (Horas! Haha), karena sebenernya goal gw kedepan salah satunya adalah punya usaha sendiri dan yayasan pendidikan gitu *praying*
Rabu yang lalu, gw whatsapp HRD-nya yang kebetulan junior gw dulu pas SMA. Gw tanyalah gimana nasib gw ini, kapan mulai kerja-nya. Daaaaan.tibaaaa tibaaaa (dengan soundtrack lagu nada minor), dia bilang “kemarin setelah rapat pengurus, kami memutuskan belum bisa menerima kakak. Maaf ya kak.” Kira-kira seperti itulah intinya. Kemudian, dilanjutkan lagi dengan e-mail formal yang intinya tidak jadi mempekerjakan gw dengan alasan gw sebenernya qualified dari hasil psikotes, written test, dan interview cuma mereka lebih memilih laki-laki untuk posisi itu. Saat itu, gw BENER-BENER DROP! I was likewhattttt?? &!*&@*%!*(%@&*%!#$%&. Sedih, marah, kesel, kecewa, depresi, stress, bingung, linglung, galauyou name it. Hahaha! Gimana ngga, itu udah diterima lho, tinggal masuk kerja ajabisa tiba-tiba ngga jadi. Di php-in (pemberi harapan palsu) gw. Sedih ga sih? Waktu itu gw malah harus ke kampus, trus kesana kesini ngurus ini itu dengan hati yang lagi bergejolak. Pokoknya gw di mobil nangis meraung-raung aja deh (beneran lho!), gw matiin hp gw sampe sore tuh. Bener-bener mau sendiri. Saat itu gw bener-bener ngerasa gagal banget. Gw udah pengen banget kerja saat itu, karena udah kelamaan nganggur kan dan gw ga mau minta-minta lagi sama orangtua.  Tapi disaat pekerjaan udah di depan mata, hilang gitu aja. Bener-bener deh jiwa gw terguncang. Haha. Kayak gw udah bener-bener kehilangan tujuan hidup gw. Sampe gw udah mikir “yaudahlah gw cari kerja sampe akhir tahun, kalo ga dapat februari tahun depan gw S2 aja deh di aussie daripada apapun ga jadi.” (padahal gw rencananya mau ke UK, tapi karena udah hopeless jadinya menurunkan standar). Trus sampe gw apply kerja lagi di corporate lawfirm, padahal gw udah tekad ga mau lagi jadi ‘corporate slave’. Gw sempet ngomel-ngomel-kesel ke nyokap (salah banget), Pokoknya hopeless banget sampe akhirnya gw diingetkan sama salah satu abang rohani gw dia bilang “Obrak-abrik sorga. Minta Tuhan kasi ide dan kreatifitas. You are supernatural creature, live in human body, dek.” Setelah itu gw cuma doa, gw bilang ke Tuhan “Bapa, gw ngga ngerti dengan semua ini. Gw ga ngerti maksud Tuhan itu apa. Tapi gw tahu, ini semua seizin Tuhan karena Tuhan berdaulat atas hidup gw. Saat ini, walaupun beratgw mau memutuskan untuk bersyukur, gw mau memutuskan untuk percaya sama-Mu. I may not know what’s my future hold. But I know for sure who holds my future.”

Malamnya, gw ada undangan utk hadir dalam acara “Satu jam bersama Dr. Dino Patti Djalal.” Gw dapat undangannya dari eventbrite karena gw dulu pernah register untuk acara-acara kayak gini misalnya acara yang diselenggarakan Modernisator seperti Diaspora. Dari dulu gw memang kagum sama bapak Dino Patti Djalal (“DPD”), sejak dia menjadi Jubir (Juru Bicara) Presiden SBY – staff khusus Presiden bidang Hubungan Internasional kira-kira empat tahun yang lalu. Beliau bersama Modernisator pernah membuat sayembara lomba menulis esai mengenai kepemimpinan yang salah satu hadiahnya adalah dialog interaktif bersama Presiden SBY di Trans TV dan Istana Negara Jakarta. Puji Tuhan waktu itu gw menjadi salah satu penulis esai terbaik dan berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Presiden SBY. Jadi waktu ada info mengenai acara ini, gw langsung register karena gw emang tertarik banget pengen dengerin DPD sharing mengenai “6 Jurus Sakti menuju Indonesia Unggul.”

Sebelum gw berangkat menuju Ballroom Jakarta Theater XXI tempat berlangsungnya acara, bokap nelvon gw. Nanyain gimana keadaan gw, menguatkan dan menasehatin gw. Bokap bilang “Janganlah nangis nang, harusnya mendengar suara bapak kau sudah semangat lagi nang.” Wiiiihhh yang ada mah gw tambah nangis itu kalo digituin. Merasa fail dan mengecewakan. Tapi akhirnya, setelah selesai ngobrol sama bokap gw memutuskan harus bangkit. Gw ga boleh dikalahin sama keadaan. I can do all things through Christ who strengthen me. Amen!

Gw dateng ke acara itu SENDIRI. Hahaha. Udah biasa sih, ga ada temennya juga kalo buat ke acara begitu. Gw nyampe-nya early jam 6 gitu sementara acara mulai jam 7. Oh ya gw inget banget sebelum gw turun gw sms bokap, nyokap dan kakak gw yang isinya minta didoain semoga aja nanti di acara ini ada ide ataupun kesempatan, dan gw juga berdoa semoga Tuhan bukakan jalan. Apapun itu. I have no idea sih of what will happen next, tapi I declare that God has so much in store for me and I trust Him. Sampe di ballroom gw registrasi ulang dan mingle aja kesana kemari. Ya secara sendiri, jadi gw nyari temen donk hahaha. Karena berdiri terus, gw capekgw ke kamar mandilah, karena di kamar mandi ada sofa gitu haha. Trus di kamar mandipun gw kenalan sama orang dan ngobrol2. Tiba-tiba ada cewe dateng ke kamar mandi mau make-up gitu. Gw kok kayak ngerasa familiar dengan muka cewe ini. Gw tanyalah dia, “Mba Fika ya?” trus dia jawab “Iya, kamu siapa ya?”. Lalu saya jawab “Ini Meryl mba, yang empat tahun lalu ikutan acara Harus Bisa!?” daaaaan ternyata dia masih inget sama gw, “Oh iya Meryl, masih inget donk. Kamu kok udah berubah banget? Dulu kan kamu sering sms-sms saya mengenai acara Harus Bisa!” hahaha! Ternyata dia masih kenal gw. Kita ngobrol-ngobrol panjang lebar sampe akhirnya gw kepikiran untuk mencoba menanyakan opportunity untuk mendapatkan pekerjaan. Hahaha! Di posisi kayak gini lo bakal melihat semua hal itu adalah peluang dan kesempatan.

Ternyata dia sampe sekarang masih bantuin bapak DPD dan gw bilang sama dia gw lagi ga kerja and if you need me to help you, please do let me know. Trus abis itu kita tukeran nomer hp. Waktu itu gw seneng tapi kayak ada sedikit apatis juga. I mean, yang kerjaan kemarin udah jelas dan depan mata aja bisa hilang gitu aja apalagi yang ketemu-ketemu ga sengaja kayak gini. Well, ya bukan sengaja juga sih. Gw ga percaya sama yang namanya kebetulan, semua udah diatur sama yang diatas. Tapi dengan kondisi dan keadaan hati gw yang di php-in kemarin, segala sesuatu harus gw uji, ukur dan buktikan terlebih dahulu.

Setelah dari kamar mandi gw keluar lagi. Mingle-mingle dan kenalan lagi sama orang baru. Sampe gw lihat di depan meja registrasi gitu kayak ada lagi wawancara mengenai kesan terhadap DPD. Waktu itu yang lagi di shoot adalah Kevin Vierra. Dalam hati gw mikir buat mendekat kesana manatau ada peluang. Hahaha. Iya gw mureh banget deh waktu itu. Pas gw udah mendekat kesana tiba-tiba ada mas-mas manggil gw. “Mba, mau kasi testimony untuk DPD ga? nanti di shoot.” Tanpa pikir panjang gw langsung jawab “Mau!” tapi gw minta waktu sebentar untuk merangkai kata-kata gw. Haha. Secara gw jarang banget kan di shoot depan camera gitu. Ga pede! Sebelum gw di shoot mba Fika nyamperin gw sama mas itu, ternyata nama mas itu mas Ivan dan beliau juga yang empat tahun lalu bantuin acara Harus Bisa!. Setelah gw kasi testimony mas Ivan minta nomer hp gw buat data. Setelah itu, gw mingle lagi haha.

Pas gw lagi mau ambil snack, tiba-tiba gw ketemu wajah familiar lagi. Salah satu senior gw pas di Trisakti dulu, namanya Nanda. Ternyata dia udah kerja sama DPD juga dan satu tim dengan mba Fika dan mas Ivan. Kita ngobrol-ngobrol dan gw baru tau ternyata dia juga baru aja di hire DPD beberapa hari yang lalu. Gw langsung mau nyari peluanglah haha, tetep gw bilang kalo ada info kerjaan please kabarin gw. Hahaha!. Pas gw lagi ngobrol-ngobrol mas Ivan nyamperin gw, “Mba, biasa jadi MC ya?” gw ga pernah jadi MC seumur hidup gw, tapi gw suka ngomong sih jadi gw jawab “Ya kalo ngomong-ngomong gitu aja bisalah mas.” Trus dia bilang “Yaudah nanti jadi MC ya!” gw jawab “OK.” Ya gw pikir buat MC kapanlah gitu ya, dan gw mau membuka diri aja terhadap peluang yang ada sambil mau belajar manatau acara sekali lagi gw bakal disuruh jadi MC. Ga berapa lama kemudian mas Ivan nyamperin lagi, “Meryl, ini ya bahan-nya untuk Pembukaan, Sesi tanya jawab dan Penutup.” I was likewhat? Ternyata dia minta gw MC untuk acara itu hari itu juga yang akan dimulai 30 menit lagi.

Gw ga pernah jadi MC seumur hidup gw, dan kalau gw ambil kesempatan ini, ini akan jadi first debut gw sebagai MC. Gw bingung, apalagi audience nya itu orang-orang berpendidikan seperti duta besar, mahasiswa, pejabat, pengusaha, dan kaum akademisi lainnya kira-kira sekitar 500 orang. Tapi, gw mikir lagi. I  can do it. Kesempatan ga dateng dua kali. This must be God. If God brings me to it, He will bring me through it. Tanpa mikir panjang lagi gw terima tawaran itu. Gw langsung nelvon bokap, nyokap dan kk gw minta didoain. Merekapun bingung. MC apa? Emg bisa MC? Hahahagw waktu itu udah bodoh amat deh. Gw harus bisa. Titik 0 itu membuat gw jadi lebih berani mengambil resiko. Gw mempersiapkan diri selama lebih kurang 20 menit dan sebelum gw naik ke panggung gw ke kamar mandi, berdoa dan tarik nafas dalam-dalam. Hahaha!

Singkat cerita gw berhasil-lah menjadi MC di acara itu, dan gw ga nyangka ternyata gw enjoy banget doing it. Kayak gw menemukan strength zone gw yang baru. Ternyata gw ngga grogi ngomong di depan banyak orang, yang gw rasa ini juga karena gw udah sering pelayanan as a singer di depan ribuan orang di gereja, ataupun as a wedding singer yang nyanyi di depan ratusan orang. Yang gw pikirkan waktu itu adalah ternyata selama ini Tuhan mempersiapkan gw untuk ini.

Oh ya, pas di tengah-tengah sesi tanya jawab kan gw duduk di backstage sama mas Ivan. Trus dia nanya-nanya gw kerja dimana, dll. Gw bilang gw udah resign dari lawfirm and looking for a job. Trus tiba-tiba dia nawarin untuk jadi LO DPD, dan nanti akan merekomendasikan gw langsung ke DPD. Selama ini mas Ivan LO DPD yang ngurusin ini itu tapi kadang dia kewalahan masalah waktu karena dia juga kerja di Sekretariat Negara. Gw langsung mau-lah ditawarin kerjaan, apalagi gw tau DPD running for President dan kemarin ikut konvensi Demokrat. Terlepas dari partainya, gw bakal seneng banget kalo bisa kerja bareng DPD. Salah satu role model gw. Beliau pintar, berwawasan, family man, supel, easy going, santai tapi juga pekerja keras dan bekerja pintar, kalo ngga mana mungkin jadi diplomat termuda yang jadi Dubes Indonesia untuk USA. Disamping itu, I love being in my strength zone. Gw suka banget politik dan hukum dari zaman SMA dulu sampe kuliah gw ikut politik kampus, ikut pemilu dan jadi anggota BEM dan Parlemen di kampus gw.

Setelah selesai acara, gw cuma minta 1 hal sama mas Ivan. “Mas, nanti tolong fotoin gw sama DPD donk.” Hahaha. Iya cuma itu aja, jadi pas yang lain udah selesai foto-foto dan media udah selesai wawancara DPD mas Ivan udah standby pegang hp gw utk fotoin gw sama DPD. Tapi sebelum gw minta foto, DPD langsung ‘ngeh’ sama gw dia bilang “Hey you, you did great. Kamu di hire dimana?” wihh gw disitu rasanya gimana gitu hahaha. DPD recognized me. Akhirnya gw dan mas Ivan ceritalah gimana gw bisa jadi MC dadakan yang di hired setengah jam sebelum acara dimulai. We were laughed and then we took pictures.

Seharusnya acaranya selesai jam 8 malam, tapi molor jadi jam 9. Hari itu hari rabu dan gw ada DATE (nama cell group/PA di gereja gw) yang biasanya selesai jam 10-11an gitu. Gw pikir masih sempetlah ini langsung ke DATE. Tapi pas gw mau permisi pulang mas Ivan bilang jangan pulang dulu. Ya gw pikir yaudahlah udah jam 9 juga nanggung kalo ke DATE, ya mungkin disini gw bisa kenal orang-orang baru jadi why not!.

Setelah itu gw disuruh ngikutin mas Ivan ke VIP Lounge. Awalnya gw ga enaklah, baru kenal juga udah ikut-ikutan tapi mas Ivan bilang ikut aja gpp. Yaudah jadi gw ikut. Begitu gw masuk, wiiihh ternyata yang di dalaem itu emang beneran orang-orang penting dan gw dikenalin ke beberapa orang gitu. Gw bersyukur banget. Situasi waktu itu gw lihat kayak di film dokumenternya Obama yang waktu dia mau persiapan menuju konvensi and running for President. Gw ngerasa ini nih keren banget, this is what I want! Hahaha. Jadi di VIP Lounge waktu itu ngomongin tentang evaluasi acara, campaign strategic and so on. I was so hooked. Seneng. Haha. Gw sambil berdoa dalam hati semoga bener-benerlah teruji, terukur dan terbukti bahwa peluang itu ada. Gw minta Tuhan yang meneguhkan hati dan langkah gw.

Kira-kira setengah jam gw di dalam, mas Ivan kenalin gw langsung ke DPD dan merekomendasikan gw untuk jadi fulltime LO DPD. DPD asked me “What’s your name?” gw jawab “Meryl, Pak!”. Then he replied “Meryl, you did amazing and your English is very good. You wanna join us?”. Gw langsung jawablah “I WOULD LOVE TO PAK!” hahaha! Setelah itu dia kasi kartu nama dia ke gw dan kita foto bareng lagi untuk kesekian kalinya. Jadi DPD bakal balik ke Washington besok subuh (kamis) dan sementara mas Ivan yang bakal mentoring gw dan ngasi gw schedule and job desk. I was so excited! Gw masih terus disitu sampe DPD sudah mau balik dari venue. Gw ikut mengantar bapak sampai ke mobil dan sebelum dia balik dia bilang ke gw “Meryl, you are hired.” WHOAAAAAA GW SPEECHLESSSSS DAN LANGSUNG SENYUM-SENYUM KEGIRANGAN! HAHAHA. Sebelum gw pulang mas Ivan manggil gw untuk ngobrol agak ke pinggir. Gw pikir mau nanyain tentang CV atau apalah, tapi ternyata dia bilang “Meryl, ini ada sedikit dari DPD.” gw bingung, ternyata ada amplop gitu fee untuk MC. Awalnya gw berpikir mau menolak, karena gw emang tulus dan ga berharap sama sekali cuma gw mikir lagi. Gw lagi ga ada kerjaan juga, dan butuh duit. Berkat jangan ditolak, heheya jadi gw ambil-lah amplop itu. Sampe mobil sebelum pulang gw buka dan isinya itu menurut gw baaaanyaaaaaak!!! Hahaha. Apalagi dalam keadaan gw lagi kere bener. THANK YOU LORD! YOU ARE AMAZING!!!!


Hari senin yang lalu gw baru aja kick off meeting. Pertemuan core team pertama kali untuk ngurusin mengenai badan kepengurusan, volunteer, program, scheduling, funding and so on. Gw bener-bener suka dengan yang gw kerjakan, dan merasa ada di strength zone gw. Ini semua hanya karena kemurahan dan campur tangan Tuhan.

Gw masih inget, kemarin itu gw gajadi S2 tahun ini selain karena nilai bahasa Inggris gw belum cukup untuk masuk ke Uni yang gw mau, tapi juga karena gw belum jelas benar mengenai gambaran akan major apa yang akan gw ambil dan mau jadi apa gw kedepannya. Saat itu sebenernya gw bisa maksain untuk berangkat di tahun ini, cuma somehow gw ga merasa sejahtera dan gw harus bisa menyampingkan ego gw dan ngga jadi berangkat.

Sebernya plan gw setelah ga jadi berangkat itu adalah gw mau coba involved dalam rangkaian pemilu legislatif dan eksekutif 2014 bersama salah satu capres dan ataupun caleg sehingga tahun depan pas gw kuliah gw bisa ambil mengenai Law and Politic ataupun International Politic and Economy di UK dan menjadikan ilmu dan pengalaman yang gw dapatkan selama rangkaian pemilu ke dalam thesis gw. Tapi waktu itu kelihatannya peluang belum begitu ada, ya walaupun orangtua gw aktif di partai dan duduk di DPRD, dan kerabat gw juga ada yang keluarganya orang partai banget and running for DPR RI and Presiden cuma gw ga pernah dapet aja momen dimana gw bisa mencari peluang untuk bergabung. Rasanya sulit aja, gatau kenapa. Jadi gw mengubur mimpi gw itu.

Bukannya sombong, tapi gw pengen banget ada divine opportunity gitu tapi kemarin itu so far belom ada makanya gw pikir ya mungkin bukan jalannya, makanya I gave up and applied to worked in a foundation, ke goal/dream gw yang lainnya.

Tapi ternyata lagi, Tuhan berdaulat di dalam hidup gw dan mampu memutarbalikkan semuanya dalam 1 hari, 180 derajat. He made me back on His track. Dia benar-benar Tuhan yang hidup.

“But as it is written:
Eye has not seen, nor ear heard,
Nor have entered into the heart of man
The things which God has prepared for those who love Him.”
[I Corinthians 2:9, NKJV]





2 komentar:

  1. nice post....very inspire me and teaches me the importance of living..God bless

    BalasHapus
  2. Hai Meryl, terima kasih sudah berbagi kesaksian bagaimana ALLAH bekerja dalam hidup setiap anakNya. Tetap menulis ya Meryl.

    Salam,
    Ingrid Tambun

    BalasHapus