Kamis, 24 Oktober 2013

SMART Planning!



Reading Time: 4-5 minute

Beberapa waktu yang lalu my brother from another mother curcol ke gw on how to reach his dreams? Gw bukan orang yang ahli dalam hal ini, karena sampai sekarangpun sebagian goal dan dream gw belum tercapai. Tapi, I wanna help. Prinsip gw, ketika gw bisa bantu orang maka gw pun akan terbantu :D. So kira-kira ini rangkuman singkat gw mengenai “How to plan your goals/dreams wisely?”.

WHAT TO DO?
Hal pertama yang lo harus tau adalah lo harus punya visi yang jelas akan hidup lo gimana kedepannya. Ya setidaknya ada gambaran lo itu mau jadi apa sih? Short term and Long term. Kalau masih rada bingung, lo bisa coba baca di entry gw sebelumnya mengenai Step Up! and Destiny.

Setelah itu, untuk lebih memantapkan semua rencana loyou have to do SMART PLANNING! Ya mungkin lo udah pernah denger ini. Cuma gw mau breakdown lagi aja ya menurut bahasa dan pengertian gw.

S for Specific goals
You need specific goals and target mission of your life. Your goals have to be well defined. Disini lo harus dengan jelas dan spesifik mengenai goal yang akan lo capai. Sama seperti penulisan kalimat yang benar, harus ada S-P-O-K. Misalnya : Meryl akan memiliki Yayasan yang bergerak di bidang Pendidikan pada tahun 2020 di Medan, Sumatera Utara. Untuk short term misalnya, Meryl akan kuliah S2 majoring International Politic and Economy di Kings College London tahun 2014. Ya kira-kira se-spesifik itulah.

M for Measure
You have to measure the value of your business/goal/future plan and estimate your future plan. Segala sesuatu harus terukur dulu, baru bisa teruji dan terbukti. Lo harus punya tolak ukur yang realistis mengenai goal lo tersebut.

A for Achievement
Is this possible? Can you do it as you estimate it? Menurut lo, dengan kapasitas dan kemamuan yang lo miliki, lo bisa ga reach your goals? Make your goals challenging, but attainable.

R for Realistic
Try to do real work. Try to achieve your goals by doing realistic tasks. Jangan ngoyo. Start with what you have. Ensure that any development actions that you plan are relevant.

T for Time Mark
Are you able to reach your time marks line on time? Set a time scale for completion of each goal.

Nah kalo bisa lo buat table SMART dan lo buat kira-kira apa aja yang lo harus lakukan untuk masing-masing bagian ini. What have you done, what you gonna do.


Menurut gw pribadi, SMART Planning ini harus lo lakukan di keempat hal yang paling penting dibawah ini, karena keempat hal ini akan menunjang keberhasilan lo di masa depan, karena semuanya saling berkaitan. You have to manage this well, unless you want them to manage your life, yaitu :

1.    Spiritual : The most important thing! Gw karena baru baca Daniel, jadi gw ngerasa ini emang pas banget. Karena Daniel itu bisa menjadi orang ke-2 pada masanya (Pemerintahan Raja Nebukadnezar dan Cyrus) itu karena dia memiliki ROH YANG LUAR BIASA. Bukan karena ganteng, keren, pinter atau apalah. Alkitab mencatat karena Daniel memiliki roh yang luar biasa, dan Tuhan sendiri bilang kalau roh yang ada di dalam kita lebih besar dari roh apapun yang ada di dunia ini. So make sure that you have an excellence spirit. Prioritaskan Tuhan dalam segala hal. Put Him first in everything you do. Bangun hubungan dengan Tuhan. Doa, baca firman, muji dan nyembah Tuhan, live on His track. This will make you better, bolder and stronger!.

2.    Mental: Mental disini bisa dibilang berada di “Jiwa” yang consists of three things – pikiran, perasaan dan kehendak. You have to control this or your emotions will control you. Yang paling utama adalah kita harus kontrol pikiran kita. Karena semuanya dimulai di pikiran. Battlefield of mind. Ubah pola pikir lo, berubahlah melalui pembaharuan budimu. Jadi semua itu dimulai dari pikiran, baru ke perasaan lo. It’s all about mindset. Jadi kalo mau punya kehidupan yang berhasil, you have to start to manage your thoughts. Jangan izinkan pikiran-pikiran yang salah, yang ngga membangun atau yang negatif masuk ke dalam diri lho. Watch what you hear, what you see.

3.    Financial : Yup! Ini penting. Lo harus bisa manage keuangan lo sampai akhirnya nanti lo “bebas finansial” yang artinya lo ga punya utang, malah lo berlebih dari aset, tabungan dan investasi. It’s a long way to go, tapi kita bisa biasakan to do SMART Planning on this. Gw pribadi ga pernah hidup berlebihan ataupun berkekurangan, tapi gw hidup berkecukupan. Pas-pas-an. Pas mau ini, pas mau kemana, pas ada berkat. Hahaha. Prinsip hidup gw itu banyak memberi banyak berkat. Tapi jangan boros juga, kita harus hitung-hitungan jugajangan sampai kita berhutang karena bantuin orang ataupun karena keinginan sementara yang ngga penting-penting banget. Yang pasti jangan lupa thithing (karena ini hak-nya Tuhan), banyak memberi apalagi di tanah yang subur (give and you will be given) :)

4.    Physic: Nah ini juga penting. Apa gunanya lo wealthy, famous, happy kalo ga sehat? Atau sebaliknya, lo sehat tapi ga punya duit atau ga terkenal dan ga berdampak. Soooexercise reguraly, watch what you eat andavoid cigarette, alcohol apalagi drugs. Di Amsal 3:16 Tuhan bilang “Umur panjang ada di tangan kanannya, di tangan kirinya kekayaan dan kehormatan.” Berarti ini mungkin banget kan di dalam Tuhan? kita bisa sehat, tajir, terkenal pulak hahaha. Tapi, ayat 16 ini hanyalah akibat dari sebab yang ada di ayat 1-15. Ya intinya balik lagi harus bangun hubungan dengan Tuhan dulu dan berjalan bersama-Nya. Seek first His kingdom and Righteousness and everything shall be added to you.

Good luck!

2 komentar: