Kamis, 12 Mei 2011

STEP UP!

Di notes saya sebelumnya, saya pernah mengatakan bahwa hidup kita ini adalah seperti tangga spiral. Kita mungkin akan kembali dalam keadaan yang sama, tapi sudah berada di dalam level yang berbeda yaitu level yang lebih tinggi lagi. Dengan kata lain kita mungkin saja akan kembali mengalami hal yang sama di dalam hidup ini, tapi sudah berada dalam taraf atau tingkat yang berbeda. Oleh sebab itu, setiap hari kita dituntut untuk bisa menyikapi hidup dengan lebih bijaksana lagi agar kelak kita akan mendapatkan hasil maksimal di dalam hidup kita.
Kali ini saya akan mencoba untuk membantu anda dengan memberikan tips-tips agar hidup anda semakin hari semakin ‘meningkat’ naik ke atas! So you gotta prepare yourself to STEP UP = )

1. IDENTIFY YOURSELF
Seperti dalam notes-notes saya sebelumnya kali ini saya juga ingin mengajak anda untuk mengidentifikasikan siapa diri anda sebenarnya, siapa ‘IDENTITAS’ diri anda sebenarnya dan apa TUJUAN HIDUP anda di dunia ini karena ini merupakan langkah awal dan yang paling penting untuk menentukan masa depan anda. Anda harus mengetahui siapa diri anda sebenarnya dan untuk apa anda dilahirkan di dunia ini.

Setiap dari kita tentunya memiliki POTENSI atau yang berbeda satu dengan yang lainnya, oleh sebab itu kita harus bisa menggali potensi tersebut dan mengembangkannya dengan semaksimal mungkin. Potensi yang kita miliki juga tentunya memiliki keterkaitan dan ketertarikan dengan hal-hal lainnya yang juga harus kita identifikasikan sehingga kita tidak kehilangan arah dalam mencapi tujuan kita. Ketika kita sudah mengetahui potensi-potensi yang kita miliki, hal-hal apa yang terkait dan membuat kita tertarik tentu kita bisa mengidentifikasikan tujuan hidup kita atau biasa disebut dengan ‘GOAL’ di dalam hidup kita.
Oleh sebab itu, kenali dirimu karena itu akan menjadi modal awal bagi anda dalam menentukan arah masa depan anda.
FIND, FOLLOW and FULFILL YOUR DESTINY!


2. VISSION AND MISSION
Setelah anda menemukan tujuan hidup anda, tentu anda akan melihat sebuah visi bagi masa depan anda. Gambaran tentang apa yang akan terjadi dan anda yang akan anda lakukan di masa depan nanti. Untuk bisa meraih visi anda, tentu diperlukan misi yang dilakukan secara bertahap dan berkala sampai anda mencapai tujuan anda. Untuk mencapai visi ini, anda harus bisa MELIHAT JAUH KE DEPAN, DAN MELAKUKAN SESUATU SEKARANG! Pepatah bijak berkata : THINK BIG, DO SMALL AND START NOW!

Artinya, untuk bisa mencapai sesuatu yang maksimal kita harus berpikir besar, jauh ke depan dan melakukan langkah awal dari sekarang. Mulai dari hal-hal yang kecil sampai ke hal-hal yang besar. Dengan memiliki niat, kemauan, kerja keras dan usaha yang maksimal bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan hasil yang luar biasa.

Salah satu strategi misi yang dapat kita gunakan misalnya saja dengan membuat planning dan schedule mengenai tahapan-tahapan apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita capai untuk 1 tahun ke depan. Hal ini akan membuat hidup kita lebih teratur dalam pencapaian visi kita. Untuk mendukung misi kita, kita juga harus bisa memanfaatkan segala hal yang positif misalnya saja dengan menggunakan teknologi gadget, internet membaca buku-buku, sharing satu dan yang lainnya, dll. USE EVERY RESOURCES AVAILABLE!
Langkah berikutnya yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus membuat PLAN B dalam suatu perencanaan, hal ini akan memudahkan anda apabila PLAN A yang sudah anda rencanakan mengalami hambatan atau tidak berjalan sesuai dengan yang telah anda rencanakan.

3. SET YOUR PRIORITY
Di dalam hidup ini kita seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan yang terkadang membuat kita bingung. Apalagi kita diperhadapkan dengan PILIHAN-PILIHAN yang menurut kita semuanya PENTING. Dalam hal ini, menentukan prioritas sangatlah membantu kita untuk menghadapi pilihan-pilihan yang kadang-kadang membuat kita bingung. Anda tidak akan kebingungan lagi dalam menentukan pilihan karena anda akan memutuskan sesuatu berdasarkan SKALA PRIORITAS anda. Misalnya skala prioritas saya dari yang pertama sampai yang terakhir adalah Tuhan, Keluarga, Pendidikan, Pribadi, Sahabat, Pelayanan dan Teman. Apabila suatu saat saya diperhadapkan dengan pilihan antara kuliah atau nonton bersama teman-teman, tentu saja saya akan memilih untuk tetap kuliah karena berdasarkan skala prioritas pendidikan menempati tempat yang lebih tinggi daripada sahabat.
Setelah anda menentukan prioritas anda, anda juga harus KOMITMEN untuk tidak melanggar skala prioritas anda kecuali dalam keadaan yang sangat penting dan genting.
DO THE FIRST THING FIRST AND THE RIGHT THING RIGHT!

4. EXCELLENT
Untuk mencapai hasil yang maksimal, sudah barang tentu kita juga harus berusaha dan memberikan yang terbaik semaksimal mungkin. Ketika kita melakukan sesuatu dengan maksimal tentu orang-orang akan mulai mempromosikan anda dan anda juga akan mendapatkan apresiasi yang maksimal dari banyak orang. Untuk melakukan hal yang excellent sudah barang tentu kita harus melangkah dari ZONA AMAN menuju ZONA IMAN. Meninggalkan comfort zone kita dan melakukan segala sesuatu dengan EXTRA agar mendapatkan hasil yang maksimal, melangkahlah ke zona. EXCELLENT is about do an ORDINARY THINGS EXTRAORDINARY, WORK HARD and BEING YOUR BEST, DO THE ‘EXTRA MILE’, and EXCEEDING the EXPECTATION of others!

5. POSITIVE RELATIONSHIP
Kita adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. We are zoon politicon. Apa yang terjadi di dalam kehidupan kita tidak lepas dari orang-orang yang berada di sekeliling kita, oleh karena itu POSITIVE RELATIONSHIP merupakan salah satu hal penting dalam pencapaian visi kita secara maksimal.

Hubungan yang positif adalah hubungan yang saling membangun antara satu dan yang lainnya. Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik, begitu juga sebaliknya. Untuk mencegah hal-hal yang buruk terjadi dalam suatu hubungan, perlu adanya RELATIONSHIP RULES yang artinya kita harus mempunyai ‘lingkar’ dalam pertemanan tanpa bermaksud untuk memilih-milih teman dan hanya mau berteman dengan orang-orang tertentu saja. Kita harus bisa memilah-milah yang mana yang bisa kita masukkan ke dalam lingkar dalam zona pertama, kedua dan ketiga. Zona pertama adalah orang-orang terdekat kita dimana hubungan yang kita jalani bisa saling membangun misalnya yang menempati zona tersebut adalah keluarga, sahabat dekat yang membawa dampak positif, dll. Zona kedua adalah teman-teman lingkungan kita atau teman main kita. Zona ketiga adalah orang lain yang berada di sekitar anda yang anda hanya tau saja dan tidak terlalu mengenalnya. Berdasarkan zona tersebut lebih baik memiliki teman sedikit dengan KUALITAS MAKSIMAL daripada memiliki teman banyak tapi tidak memiliki kualitas sama sekali. QUALITY IS MORE VALUABLE THEN QUANTITY.

SHOW ME YOUR FRIENDS AND I’LL SHOW YOU YOUR FUTURE BECAUSE YOUR CHARACTER IS NOT MUCH DIFFERENT WITH THE PEOPLE YOU HANG WITH!
Hubungan yang positif adalah hubungan yang membawa anda ke ‘tempat yang lebih tinggi’ ang tidak bisa anda capai sendirian . GOD USES YOUR RELATIONSHIP TO TAKE YOU BEYOND YOUR LIMITATION. Kadangkala ada beberapa hal yang tidak bisa kita lakukan sendiri, dan kita memerlukan orang lain untuk membantu kita melakukannya. WHEN GOD WANT TO BLESS YOU, HE WILL PLACE SOMEONE IN YOURLIFE.

6. SURROUNDER ALL TO GOD

The most important thing is LET GOD TAKE THE LEAD OF YOUR LIFE.
DO YOUR BEST and let GOD DO THE REST! Jangan pernah mengandalkan dirimu sendiri, jangan pernah mengandalkan orang lain tapi andalkanlah TUHAN dalam segala hal karena Tuhan tidak akan pernah mengecewakan anda. Dia selalu memberikan rancangan dan rencana yang terbaik bagi anak-anakNya yang mengandalkan dan berserah kepadaNya.

IMPACT THE WORLD WITH YOUR POSITIVE POWER AND INFLUENCE. REACH YOUR DREAM AND BE A BLESSINGS FOR OTHER LIFE! YOU HAVE TO BELIEVE THAT AS YOU LIVE A LIFE OF EXCELLENCE, GOD’S FAVOR AND ANOINTING WILL INCREASE ON YOU, AND YOU WILL SEE PROMOTION IN YOURLIFE IN WAYS YOU NEVER DREAMED!
STEP UP PEOPLE =)
GOD BLESS YOU!

@merylsaragih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar